Saturday, December 25, 2010

AMANAT PRESIDEN SUKARNO PADA APEL BESAR GERAKAN PRAMUKA

Semoga semua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di Indonesia memiliki dokumen ini. Dokumen ini ditemukan di kawasan pedagang buku lawas "Velodrom" Malang. Inti amanat ini adalah menggembleng anggota pramuka, agar ingat akan TRI-KERANGKA;. Adapun yang dimaksud dengan Tri Kerangka Itu adalah:
Satu: , mendirikan Republik Indonesia yang berwilayah kekuasaan dari Sabang sampai Merauke; dua, satu masyarakat yang adil dan makmur; tiga, satu dunia baru yang tiada penghisapan antara manusia dengan manusia, natara bangsa dengan bangsa.
Kta bung Karno ketika itu:
"Saya ingin didalam waktu yang singkat--ya, singkat didalamm ukuran sejarah, ukuran tahun-- nanti kalau ada tamu luar negeri, aku akan menujukkan kepada mereka itu, misalnya, misalnya lho, misalnya, bukan saja Jalan Pramuka ini diurus oleh Pramuka, saya ingin men8unjukkan kepada mereka GEDUNG PRAMUKA, Jakarta mempunyai Gedung Pramuka yang hebat seperti ini. Dan kalau aku bawa tamu agung itu ketempat lain, pun ditempat lain itu aku ingin mengatakan, ini Gedung Pramuka, Gedung Pramuka yang didirikan oleh keringat Pramuka-pramuka sendiri" [] Dari buku ini dapat diketahui bahwa buku ini milik Kwartir Pramuka Kota Malang, karena di sampul depan terdapat stempel bertulisan (Sekretariat: Jalan Tawangmangu-25A-Malang) []

No comments:

Post a Comment