Thursday, August 16, 2012

PANDU IBUKU


R. DARMANTO DJOJODIBROTO
PANDU IBUKU
MENGAJARKAN BUDI PEKERTI MEMBANGUN KARAKTER BANGSA
ISBN :  978-979-461-812-7
Dimensi :  15 x 23 cm
Jenis Cover :  soft cover
Berat Buku :  250
Jenis Kertas :  Book Paper

Kebutuhan akan pembelajaran budi pekerti menguat di tengah semaraknva kekerasan, dekadensi moral, dan kriminalitas di negeri ini. Inti utamanya ialah bagaimana membentuk insan yang taat pada nilai kesantunan berkarakter Kuat, dan jujur. Kegiatan kepanduan menjadi salah satu pilihan untuk menghidupi budi pekerti yang luhur. Pendidikan karakter di kepanduan bertujuan memberikan ruang pertumbuhan bagi setiap pandu untuk menjadi manusia dewasa yang menghayati nilai-nilai, khususnya nilai moral, nilai agama, dan nilai-nilai kewarganegaraan.
Tujuan kepanduan adalah menjadikan anak menjadi warganegara yang bermutu, utamanya dalam karakter dan kesehatannya. Caranya dengan menangkap karakter anak-anak ketika mereka dalam keadaan antusiasme yang menyala-nyala dan menggemblengnya dalam bentuk yang benar, membimbing, dan mengembangkan pribadinya, hingga mereka dapat mendidik dirinya sendiri menjadi orang baik dan warganegara yang berguna untuk tanah airnya.
Nilai-nilai dalam kegiatan kepanduan bersifat universal, karenanya banyak orang berminat mengikutinya. Di Indonesia, kita mengenal beberapa nama besar yang pernah mengikuti kegiatan kepanduan: Panglima Besar Jenderal Sudirman (eks pandu Hizbulwathan), Dr. Muwardi (eks Kepanduan Bangsa Indonesia/KBI), WR Mongisidi (eks Pandu Rakyat), Prof. Dr. Bahder Djohan (ekS Pandu KBI, eks Rektor Universitas Indonesia). Mr. Mohamad Roem (eks pandu Natipij/Nationale Islamietische Padvinderij), Hs Mutahar (eks Pandu Rakyat). Kapten (Pelaut) Wiratno (eks Pandu Rakyat, Mataram-10 Yogyakarta), dan Dr. Ir. Bisuk Siahaan (eks Pandu Rakyat. Bogor).
Buku Pandu Ibuku: Mengajarkan Budi Pekerti, Membangun Karakter Bangsa memberikan wawasan tentang histori kepanduan dunia, riwayat kepanduan  di dalam negeri, dinamika berbagai aktifitas di kepanduan, dan sosok Baden-Powell yang sangat inspiratif.

No comments:

Post a Comment