Sunday, April 10, 2011

DAFTAR ISTILAH KEPRAMUKAAN INDONESIA - INGGRIS

Banyak adaik-aadik penaggalang yang kurang menyadari, bahwa oragnisasi kepramukaan itu besar dan cakupannya international. Ini baru nampak ketika adik-adik sedang beruntung menjadi kontingen Indonesia ke Jambore Internasional. Ada fenomena menggelikan ada salah satu putera teman tiba-tiba harus ikut Jambore Internsional  ke Amerika, kemudian saya tanyakan hal-hal umum tentang pengetahuan pramuka, tetapi kenyataanya amat mengagetkan, setelah saya beri 3 pertanyaan, alhamdulillah ketiga jawabannya salah semua. Yang saya tanyakan cukup simpel sekali yakni: 1. Apa bahasa Inggrisnya Kwarcab?, 2.Apa Bahasa Inggrisnya Musyawah Cabang?, dan Apa Bahasa Inggrisnya Regu?. Karena peristiwa ini, maka diperlukan daftar istilah Inggris - Indonesia tentang kepramukaan. Tentunya Kwartir Nasional sudah harus berpikir lebih jauh, karena Gerakan Pramuka sejak lahirnya sudah "Globalisasi", sejak Jamboree Dunia Pertama sudah Globalisasi, nah bahasa Imnggris harus juga dijadikan kurikulum minimal di Gerakan Pramuka. Beruntung bagi saya bisa menemukan Daftar istilah Kepramukaan ini, kendati saya temukan di tumpukan penjual buku bekas di Malang, akhirnya mengerti istilah-istilah bahasa Inggris untuk pramuka. Kalau kita cermat, ternyata pada Jamboree 1981 ada Jurnal Jambore yang terbit setiap pagi, di jurnal itulah dimuat juga istilah-istilah tersebut. Kwartir Nasional tampaknya juga menyadari dan pernah menerbitkan buku saku tentang Istilah itu. Ayo mulai sekarang pramuka harus bisa berbahasa Inggris. 
   

No comments:

Post a Comment