Wednesday, July 8, 2015

SIAGA DAN PERMAINAN

Mengajarkan karakter yang baik bagi warga negara akan lebih baik pada anak bangsa saat mereka  berusia belia. Ibarat besi yang sedang panas ditempa, sehingga mudah dibentuk. Anak anak usia belia masih belum memilki kepentingan kepentingan khusus, pemikirannya masih murni. Jika penanaman nilai nilai dilakukan, maka akan memilki peluang keberhasilan. Dalam gerakan pramuka anak usis belia itu masuk dalam golongan pramuka siaga. Golongan belia inilah yang sangat tepat disemaikan, di gembleng dengan kaidah kaidah yang mulia, dan kelak akan tumbuh kembang menjadi warga negara yang berhati mulia.
Namun yang perlu diperhatikan, ketika hendak melaksanakan anak usia muda ini adalah metode pelatihannya. Usia ini sangat rawan dan mudah bosan, jika pola pembelajaran/pelatihan tidak disesuaikan dengan usia Psikologisnya. Mengacu pada pemikiran Baden Powell sang maestro pendidikan out door, mengatakan bahwa anak usia muda itu harus dibekali dengan metode yang "terbungkus". Ketika itu Beden Powell selalu memberikan pendidikan dengan membungkus cerita tentang bintang. Dengan tidak langsung anak-anak seusia muda itu akan dapat mencerna, dan sangat antusias.
Kali ini anjungan Pandu-Pramuka ingin berbagai info buku-buku yang terkat dengan  perminan siaga. Adapun buku-buku itu :
Buku ini menampilkan berbagai varian permainam pramuka siaga, dan hingga saat ini banyak diacu oleh para penulis buku permainan siaga. Buku ini termasuk buku cetakan perbaikan yang sebelumnya terbit buku serupa dengan sampul yang amat sederhana. Berikut buku yang dimaksud:
Buku ini dicetak oleh Kwarcab Jakarta Pusat, sedang penulisnya adalah Gilcraft.
Di Jawa Timur juga muncul karya karya yang ditujukan kepada pramuka Siaga, yang dihimpun oleh kak Yuti. Adapun buku yang dimaksud adalah. Berikut juga himpuan permainan siaga,
Karya Kak M Teresa Singgih.



No comments:

Post a Comment